A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/ysptne01/subdomains/drsoetomo.yspt.net/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/ysptne01/subdomains/drsoetomo.yspt.net/index.php
Line: 315
Function: require_once

Mencapai Berat Badan Ideal | SMK Dr. SOETOMO CILACAP

SMK Dr. SOETOMO CILACAP

Jl. Dr. Soetomo no.11 Cilacap 53223

Telp. 0282-534551 - Fax. 0282-535690 - email: drsoetomo@yspt.net

Mencapai Berat Badan Ideal

Kamis, 01 Pebruari 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1361 Kali

Remaja saat ini emang lagi gandrung dengan urusan wajah, berat badan, penampilan. Nah yang akan kita tampilkan masalah berat badan ideal. Mengapa Kita Naik Berat Badan?

Apa yang terjadi pada diri kita dalam segi kesehatan, berat badan dan segala aspek kehidupan anda, sebagian besar adalah disebabkan karena KEBIASAAN anda atau orang biasanya menyebut dengan HABIT!

Sebagai contoh: orang yang memiliki masalah jantung koroner adalah disebabkan salah satunya karena kebiasaan merokok yang telah bertahun-tahun dilakukan. Artinya, orang tidak langsung terkena masalah jantung koroner hari ini karena menghisap satu batang rokok kemarin. Kalau kita merokok satu batang rokok kemudian langsung terkena jantung koroner, kita pasti akan berhenti merokok dengan segera.

Badan kita terdiri dari milyaran sel yang pada dasarnya setiap sel di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi atau gizi yang terbaik supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik pula. (mirip seperti kalau anda punya mobil mewah, pasti anda akan memberikan bensin yang terbaik, oli yang terbaik dsb).

Nah, kalau badan kita membutuhkan gizi yang tebaik, sekarang mari kita lihat apa yang kita makan sehari-hari. Apa yang kita makan sehari-hari biasanya :

  • Terlalu banyak lemak
  • Tinggi Kolesterol (kita semua menyukai apapun yang digoreng)
  • Terlalu banyak gula (makanan manis)
  • Terlalu banyak garam (makanan terlalu gurih)
  • Terlalu banyak protein hewani
  • Kurang Vitamin atau mineral yang dibutuhkan tubuh
  • Kurang menkomsumsi air putih
  • Mengandung Karsinogen (zat yang timbul karena proses memasak seperti dibakar atau dipanggang. Zat ini yang dapat memicu timbulnya masalah seperti kanker)
  • Kurangnya ber - aktifitas

Mengapa kita makan makanan seperti diatas?

  • Kita lebih memilih makanan yang siap saji atau cepat saji yang biasanya sudah tidak memiliki kandungan gizi.
  • Kita memilih makanan berdasarkan rasa. Bukan kandungan nutrisi. Sebagai contoh kita selalu tanya ke orang “restoran yang enak dimana ya?” bukannya “restoran yang bergizi dimana ya?” Makanan yang enak biasanya memiliki kadar nutrisi yang rendah.

Kita tidak tahu apa yang seharusnya kita makan, ditambah lagi dengan faktor lingkungan seperti : Buah-buahan dipetik sebelum matang yang membuat nilai nutrisinya belum sempurna, terlalu banyak pemupukan dan Pestisida.

Seperti yang dijelaskan oleh Badan Kesehatan Sedunia atau WHO, 70% kematian dini saat ini disebakan oleh masalah sepert diabetes, jantung, stroke, dan kanker. Lebih jauh, WHO mengatakan kalau 50% penyebabnya adalah nutrisi yang buruk atau lebih simpelnya adalah Makanan yang kita makan sehari-hari. Jadi keadaan anda saat ini adalah karena HABIT atau kebiasaan anda selama bertahun-tahun anda lakukan.

Berapakah Berat Badan Ideal Anda?

Banyak cara yang pernah kita dengar bagaimana untuk mengetahui berat ideal kita. Mereka menyebutnya Body Mass Index (BMI). Bagaimana menghitung BMI anda?  Sangat sederhana.

Bagi berat badan anda dalam kg dengan tinggi badan anda dalam satuan meter yang dikwadratkan.

Contoh :          

Tinggi ada 160 cm dan berat anda 75 kg
BMI anda adalah 75 kg / (1,6 x 1,6)
Anda mendapatkan nilai 29,29 yang menjadi BMI anda.

Standar BMI untuk orang asia

Jika BMI anda:

<18 Anda kekurangan berat badan atau terlalu kurus

18,5 – 22,9 Anda memiliki badan yang ideal

23 – 25 Anda kelebihan berat badan (over-weight)

>25 Anda disebut sebagai Obesitas yaitu kegemukan yang berbahaya untuk kesehatan

Jadi dari contoh diatas, jika BMI anda 29,29 artinya anda termasuk kategori obesitas.

Mengapa Sebagian Besar Cara-cara Turun Berat Badan Tidak Berhasil dan Mengapa Hasil Penurunannya Tidak Permanen?

Mengapa anda sulit menurunkan berat badan? Dan mengapa hasil yang anda dapatkan tidak permanen?

Menurunkan berat badan memerlukan suatu proses dan proses tersebut menuntut ketekunan dan motivasi yang besar dari diri anda!

Nah, sekarang mengapa cara-cara yang umum dilakukan orang tidak berhasil?

Sebagian besar cara penurunan berat badan berhubungan dengan tidak makan atau menahan nafsu makan atau dengan cara-cara radikal dimana nafsu makan kita ditekan yang membuat kita merasa tidak ingin makan.

 

Pada saat kita mulai kelebihan berat badan (Over Weight), kita akan memiliki kecenderungan untuk mulai melakukan DIET dengan cara kita sendiri. Tapi saat kita mengurangi makan, otomatis kita akan mengurangi asupan nutrisi ke badan kita.

Badan kita akan mengalami yang dinamakan DEFISIENSI atau kurang nutrisi. Jika dilanjutkan, anda akan mengalami KELAPARAN biasanya diikuti rasa cepat lelah atau lesu. Dan jika keadaan ini terus berlanjut, badan anda akan menyerah atau DROP. Contoh umum adalah bermasalah dengan pencernaan sepert penyakit maag.

Kecenderungan badan kita, saat kita berhenti ber DIET dengan kurangnya asupan nutrisi adalah untuk menjadi “Rakus” dan kita akan makan lebih banyak dari sebelumnya. Dan mudah ditebak kita akan kembali OVER-WEIGHT.

Dan proses ini berkelanjutan hingga bertahun-tahun karena orang biasanya akan berpindah dari satu diet ke diet yang lain. Jadi seperti lingkaran yang tidak ada jalan keluarnya. Akibatnya badan anda akan seperti “yo-yo!”

Komitmen Anda

Anda harus membuat suatu komitmen untuk diri anda sendiri untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Komitmen anda adalah yang terpenting. Ini adalah suatu proses dimana anda perlu kesabaran, dan ketekunan! Jika anda belum memiliki komitmen tersebut, jangan pernah berpikir untuk memulai!

  • Berapa berat anda saat ini?
  • Berapa berat ideal yang anda inginkan?
  • Berapa ukuran baju anda saat ini?
  • Berapa ukuran baju yang anda inginkan?
  • Berapa ukuran celana anda saat ini?
  • Berapa ukuran celana yang anda inginkan?
  • Bagaimana dengan kesehatan anda saat ini?

Tuliskan komitmen anda di selembar kertas dan share atau bagikan komitmen anda pada orang yang anda sayangi dan peduli kepada anda karena mereka akan membantu anda selama proses penurunan berat badan anda

Tiga Rahasia Mencapai Berat Badan Ideal Anda, Sekaligus Mempertahankan Hasilnya!

Rahasia Pertama: Nutrisi Yang Seimbang

Nutrisi yang seimbang adalah inti dari penurunan berat badan anda. Seperti yang saya jelaskan, tidak mudah mendapatkan nutrisi yang seimbang. Problem anda adalah anda tidak akan pernah punya waktu untuk menanam sendiri makanan anda, hidup di kawasan tanpa polusi dan memasak sendiri semua makanan anda berdasarkan apa yang dibutuhkkan badan anda setiap hari. Apa yang akan saya lakukan adalah saya akan sarankan pada anda suatu program yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi anda saat anda mulai program anda.

Rahasia Kedua: Gaya Hidup Aktif

Alasannya? Badan anda akan membakar kalori lebih banyak sehingga anda akan mencapai badan ideal anda lebih cepat. Tidak harus melakukan olah raga. WHO juga menyarankan anda untuk lebih aktif. Ini adalah beberapa contoh kegiatan yang anda bisa lakukan :

  • Parkir mobil anda di tempat yang lebih jauh atau jika anda naik kendaraan umum berhenti sebelum tujuan, dan berjalan kakilah ke tujuan anda
  • Lebih baik naik tangga daripada naik lift
  • Cuci piring anda sendiri
  • Menyapu, mengepel lantai, mencuci mobil
  • Berkebun
  • Dan banyak hal lain yang anda bisa lakukan, yang intinya anda harus bergerak!

Tentunya jika anda suka berolahraga atau pergi ke Gym, akan lebih baik, dengan catatan anda harus membuat olahraga anda menjadi gaya hidup anda

Ingat semuanya adalah masalah HABIT! Lakukan sesuatu yang anda bisa kerjakan dengan konsisten

Rahasia Ketiga: Memperbaiki Pola Makan Anda

Memilih makanan yang perlu anda makan dan yang tidak seharusnya tidak anda makan adalah pekerjaan yang sangat rumit. Ditambah lagi jika anda harus menghitung kalori yang masuk atau terkandung dalam suatu makanan.

Berikut panduan sederhana dimana semua orang bisa melakukannya dengan simple tanpa membuang waktu mereka menghitung kalori.

Ini panduannya:

  • Kurangi Racun Putih. Apa kita makan racun? Ya, tapi bukan yang langsung membunuh anda. Contohnya adalah nasi, gula, garam, karbohidrat yang buruk seperti tepung, roti, mie, pasta. Yang saya maksudkan bukan menghilangkan, tapi mengurangi .
  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Sayuran adalah sumber karbohidrat yang baik.
  • Perbanyak Protein. Seperti tahu, tempe, putih telur, daging ayam (dada), ikan.
  • Kurangi daging sapi, kambing, babi. Protein akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dan akan membentuk otot yang akan meningkatkan metabolisme anda.
  • Kurangi alkohol, merokok

Mudah kan? Jadi makanan anda sehari-hari harus memiliki komposisi diatas.

Hal-Hal Yang Memperlambat Penurunan Berat Badan Anda

Ada beberapa hal yang akan memperlambat penurunan berat badan anda, dibawah ini adalah beberapa:

  • Kurang minum air putih. Anda harus minum 8-12 gelas air putih per hari
  • Masih suka nyemil atau berada di lingkungan yang tidak mendukung
  • Penggunaan program KB seperti suntik atau pil
  • Terlalu banyak alkohol, gula, lemak, garam

Terkadang anda tidak turun dalam hal Kg tapi anda akan mengecil dari segi lingkar-lingkar atau centimeter. Jadi cermati dalam perkembangan berat badan Anda..

Salam Sehat

Masoi

KOMENTAR

Gibran apriliawan sakti - Kamis,

Tinggi badan lupa

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Eko Widodo, MM

Pada  saat menyikapi situasi persaingan global seperti dewasa ini, keunggulan teknologi dan modal saja tidak cukup tanpa adanya dukungan sumber…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Jurusan yang paling diminati

LIHAT HASIL