A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/ysptne01/subdomains/drsoetomo.yspt.net/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/ysptne01/subdomains/drsoetomo.yspt.net/index.php
Line: 315
Function: require_once

MEMAHAMI FUNGSI KOMPONEN DAN CARA KERJA REM ABS DI MOBIL | SMK Dr. SOETOMO CILACAP

SMK Dr. SOETOMO CILACAP

Jl. Dr. Soetomo no.11 Cilacap 53223

Telp. 0282-534551 - Fax. 0282-535690 - email: drsoetomo@yspt.net

MEMAHAMI FUNGSI KOMPONEN DAN CARA KERJA REM ABS DI MOBIL

Rabu, 10 Pebruari 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 6403 Kali

Mobil modern sekarang ini sudah dibekali dengan piranti keselamatan yang canggih, salah satunya adalah adanya sistem rem ABS (anti-lock braking system). Fitur pada sistem pengereman ini juga sudah tersedia di mobil-mobil Mitsubishi, Toyota, Honda dan Suzuki dan jenis pabrikan yang dipasarkan di Indonesia.

Sistem pengereman ABS merupakan sebuah sistem pengereman yang dapat mencegah roda mengunci saat anda melakukan pengereman mendadak. Kalau pada mobil lama, biasanya jika terjadi pengereman mendadak maka roda akan terkunci dan mobil tidak bisa dikendalikan arahnya. Fungsi dan manfaat sistem ABS adalah mencegah terjadinya roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak sehingga Anda bisa menghindari atau mengubah arah mobil dengan normal sampai mobil berhenti sempurna.

Fitur ABS terdiri dari beberapa komponen yang membuatnya bisa berfungsi maksimal untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Komponen-komponen rem ABS

  1. Speed sensor
  2. ABS hydraulic control valve
  3. ABS pump
  4. ABS control module
  5. Speed sensor

Sensor kecepatan (Speed Sensor)

Sensor kecepatan ini berfungsi untuk menghitung jumlah putaran roda yang akan dikonversi menjadi kecepatan kendaraan. Sensor kecepatan terletak pada knuckle atau drive shaft housing di ke-4 roda.

 Hydraulic Unit /ABS Pump

 

Sistem ABS pada umumnya menggabungkan pompa dan controller dalam 1 komponen yang berfungsi untuk mengambil data kondisi kendaraan (termasuk pergerakan brake pedal) dan kemudian mengatur distribusi tekanan hidrolik fluida (minyak rem) ke masing-masing roda.

 

 ABS Control Modul & Hydraulic Unit

 Berfungsi mengolah data dari sensor roda dan mengendalikan tekanan minyak rem pada silinder roda melalui actuator, fungsi fail safe mengembalikan system pengereman bila terjadi kegagalan pada system ABS, fungsi self diagnostic mengdiagnosa kegagalan sistem. Pengaturan ini diatur oleh pomoa motor yang berputar mengatur besar-kecilnya tekanan fluida yang dibutuhkan

 

Cara kerja ABS

Cara kerja ABS secara ialah ketika pengemudi menginjak rem, maka hydraulic unit akan membaca seluruh data kendaraan dan kemudian memerintahkan pompa untuk mendistribusikan tekanan minyak rem sesuai kondisi kendaraan di tiap bannya.Efek pengaturan tekanan minyak rem secara komputer berdasarkan kondisi aktual kendaraan ini membantu untuk menurunkan kecepatan kendaraan dengan cepat tanpa membuat ban terkunci sehingga kendaraan tetap mudah dikendalikan.

 

KOMENTAR

SUGENG RUSDIANTO - Kamis,

Terimakasih Mas Imam Atas pengetahuan tentang Rem Adanya Sangat bermanfaat Maturnuwun

rian nur alam - Kamis,

butut

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Eko Widodo, MM

Pada  saat menyikapi situasi persaingan global seperti dewasa ini, keunggulan teknologi dan modal saja tidak cukup tanpa adanya dukungan sumber…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Jurusan yang paling diminati

LIHAT HASIL